mila
Blog Universitas Komputer Indonesia

konvergensi teknologi dan optimalisasi cyber PR

konvergensi teknologi dan optimalisasi cyber PR
Berbicara mengnai konvergensi maka kita akan berbicara mengenai penggabungan, penyatuan, atau perpaduan antara dua barang atau lebih yang digabungkan menjadi satu kemudian menghasilkan satu barang baru yang memiliki satu atau dua fungsi yang lebih dari barang yang sebelumnya. Dan ketika konvergensi ini merujuk pada teknologi yang belum terpisah seperti suara pada fitur telfon, video pada fitur aplikasi dan gambar pada fitur kamera, yang kemudian digabungkan, mka lahirlah yang namanya media multi fungsi, satu namun memiliki berbagai macam fungsi.
            Tak bisa dipungkiri, saat ini perangkat dan teknologi saling terhubung. Sejak 10 tahun lalu, perangkat dan teknologi sudah melebur jadi satu, meski kualitasnya masih rendah. Kita bisa lihat, saat itu kamera di ponsel masih VGA. Tapi sekitar 2006 hingga 2007, teknologi semakin berkembang. Kamera yang dulu hanya VGA, lambat laun mulai beralih ke Megapixel. Tapi, kovergensi itu tidak hanya terjadi dari kamera ke ponsel. Semuanya semakin diperbaiki, mulai dari aplikasi hingga fitur-fitur di dalamnya.
            Pointnya adalah konvergensi itu semakin baik dan tidak hanya untuk kualitas foto, tapi musik pun juga mengalaminya. Jadi bukan hanya foto tapi aplikasi pendukung lainnya di ponsel juga bisa diolah. Untuk musik sendiri, sekitar enam atau tujuh tahun lalu, baru ada versi polifonik tapi kini format MP3 sudah bisa ditemui di ponsel.  Bahkan ada ponsel musik dan itu bukti konvergensi. MP3 player juga bisa di hubungkan ke ponsel. Saat ini konvergensi sangat simple, misalnya saja perpindahan dari infrared ke bluetooth dan tentu terus berkembang serta tidak berhenti sampai di situ.
            Namun hal yang perlu di ngat adalah, apapun masalahnya, bagaimanapun benda itu di buat dan memberikan manfaat tentu akan melahirkan juga dampak.
            Dampak konvergensi teknologi, baik bagi masyarakat Indonesia maupun pemerintah masih belum terlihat secara jelas. Hal ini mungkin disebabkan oleh belum termanfaatkannya teknologi konvergensi secara optimal. Di sisi lain pemerintah hanya terlihat adanya usaha yang mengarah kepada pemahaman serta tindakan antisipasi terhadap konvergensi teknologi, seperti adanya survey untuk konvergensi teknologi, seperti adanya survey untuk melihat layanan-layanan yang bisa diberikan oleh konvergensi teknologi. Sedangkan masyarakat Indonesia secara umum masih belum memahami teknologi konvergensi dan hanya memanfaatkan layanan-layanan yang tersedia (yang disediakan oleh providernya). Sebagian kecil saja yang menyadari bahwa konvergensi teknologi bisa meningkatkan akses ke komunikasi mengurangi biaya serta merangsang pertumbuhan ekonomi.
Namun dampak yang cukup signifikan dan bisa di lihat tapi  banyak yang tidak menyadarinya adalah terjadinya perubahan dalam gaya hidup sehari-hari, antara lain terlihat melalui: Munculnya “gaya hidup digital” dan gaya “hidup on line ” dengan penggunaan komputer dan LAN secara meluas, paperless office , real time data (untuk ATM dan Banking system ,Airline reservation, dsb).   Memasyarakatnya “ cybermedia ” dan “ cybersociety ” sejalan dengan meluasnya pemakaian internet, aplikasi chatting , e-mail, dan e-commerce serta e-banking .   Munculnya “gaya hidup mobile ” . gaya hidup ‘mobil society” inilah yang harus disadari dan di optimalisasi oleh PR sebagai upaya meningkatkan eksistensi dari perusahaannya.  Seorang PR bisa mengoptimalisasikan fungsi serta kegunaan media jejaring sosial seperti twitter atau pun facebook, untuk menginformasikan berbagai kegiatan positif yang di usung perusahaannnya, selain memberikan berbagai kuis serta reward yang akan menarik pengunjung lebih banyak pada perusahaannya tersebut. Di samping itu dengan gaya hidup yang mobile, seorang PR pun dapat bertemu klien dan bekerja secara mobile ketika ada kepentingan mendadak tanpa harus berdiam diri dikantor. Seorang PR harus mengikuti perkembangan teknoilogi dengan mengikuti perubahan gadget yang terjadi untuk memudahkannya bekerja secara mobile dan mngefektifkan “Cyber PR”. Disamping itu konvergensi teknologi ini juga dapat memudahkan PR untuk mengabadikan berbagai moment penting dimanapun dan kapan pun sehingga masyarakat / society dapat terus mengupdate berbagai kegiatan dan informasi dari perusahaan dan tempat PR itu bekerja.
            Menjadi seorang PR yang melek teknologi dan update gadget adalah suatu keharusan, karna teknologi berkembang begitu cepat, dan secepat it pula lah PR harus mengikuti perkembangan yang terjadi yang tentunya harus juga di landaskan pada realistis kebutuhan.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 30 November 12 - 12:43 WIB
Dalam Kategori : KONVERGENSI TEKNOLOGI
Dibaca sebanyak : 1205 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback