mila
Blog Universitas Komputer Indonesia

google vs yahoo

google vs yahoo
sebelumnya gue  pernah bikin artikel tentang persaingan antar dua kubu mesin pencari (search engine) yaitu Google vs Yahoo.  dari artikel yang gue buat di blog pribadi gue pada tanggal 28 Juli 2012 ,which is means bulan-bulan kemarin, dan bertepatan dengan adanya tugas ICT yang ngangkat tema Search engine.so,  Gue pengen share artikel yang gue buat itu disini, hm apa yang gue tulis adalah berkaitan dengan  penilaian gue terhadap kedua situs search engine yang terpopuler saat ini. Yaitu Google dan Yahoo.Onion Icon
Dari lubuk hati yang terdalam,  gue akui gue lebih memenangkan Google untuk persaingan antar kedua mesin pencari.
alasan gue kenapa memenangkan Google adalah karena :
 
pertama, dari segi tampilan benar-benar mencerminkan sebuah mesin pencari yang lebih simpel.
kedua, ringan saat dibuka baik google.com atau layanan e-mail nya di gmail.com dan
ketiga,  ketepatan antara keyword dengan hasil pencariannya.
 
Selain itu ada beberapa aspek yang bikin google sedikit lebih baik dari yahoo, yaitu kalo diliat dari
 
Segi Tampilan ?
Hmm,,keknya Yahoo masih harus bersabar untuk jadi raja nomor 1 di dunia mesin pencari. soalnya gue liat dari tampilan keduanya, memang masih belon banyak yang berubah. Google masih tetap dengan tampilannya yang simple dan fokus, dan Yahoo masih dengan tampilannya yang ‘penuh’ dan sekarang lebih mirip kayak portal berita menurut gue. nah bagi pengguna internet di Indonesia yang sepertinya belum bisa menikmati internet kecepatan tinggi, mungkin buka situs Yahoo akan sangat lama dan berat, lain banget kalo buka Google. karena ya dari segi konten emang Google lebih simpel dan fokus.
Segi Layanan Email ?
masalah layanan e-mail juga masih belon ada perubahan, Gmail kini mungkin emang hadir dengan tampilan yang banyak diperbarui dari segi tampilan menu, jadi intinya kita bisa masuk ke Gmail, Google+, Google Images, GoogleMaps, Blogspot dan lainnya dari satu situs Gmail. jadi, Google telah mengintegrasikan semua produknya dalam satu akun, jadi gak perlu lagi repot-repot log-in lagi untuk satu produk beda dari produsen yang sama.
kecepatan upload dokumen di Gmail menurut gw sekarang cenderung lebih stabil dan cepat dan mungkin kita akan terbantu juga karena disediakan space sebesar 25mb untuk file maksimum yang bisa dikirim untuk satu e-mail. dan lagi ada status bar yang menunjukan sudah berapa persen file lo di-upload.
nah sekarang beralih ke layanan e-mail Yahoo. baru-baru ini emang Yahoo mengeluarkan desain tampilan baru untuk Yahoomail dan menurut gw emang lebih baik dari yang kemarin. dari segi kapasitas attachment juga sekarang kita bisa mengirim file maksimum 25 mb untuk sekali kirim. beda dengan Google, di YahooMail setiap akun e-mail kita gak punya batasan kuota jadi kita bisa aja bikin akun YahooMail kita jadi pusat simpan data-data yang penting. kalo Google setiap akun e-mail dibatasi sampai sekitar 7,6 Gb.
beralih ke kecepatan upload di YahooMail,  sekarang YahooMail udah punya fitur status baryang sedian gambaran udah berapa persen file kita di-upload. ditambah lagi YahooMail udah berkerja sama dengan antivirus Norton dari Symantec yang bisa memeriksa file yang dikirim apa ada virusnya atau gak.
namun kelemahan yang sering gue temuin di lapangan, dari teman-teman gue yang pake YahooMail, kadang e-mailnya gak bisa kekirim entah kenapa, selalu gagal upload, dan bahkan ada yang lama banget sampe kekirimnya. tapi setelah gue rekomendasi pake Google, entah kenapa masalah temen gw ilang. e-mailnya sekejap langsung diproses dan kekirim.
Segi Trafik Situs ?
Nah kebetulan pas pertemuan ke 5 mata kuliah ICT kemarin ngebahas tentang alexa.com buat ngeliat rating situs atau website yang kita punya. Iseng gue cari tau de tuh rating antara google dan yahoo. And then hasilnya adalah menurut "alexa.com" rivalitas kedua mesin pencari masih kalah sama situs jejaring sosial Facebook. tapi karena jejaring sosial bukan tema yang ditugasin,ya sudah abaikan saja ! tapi bisa diliat disitu ternyata Google masih unggul dari Yahoo. Google Indonesia menempati urutan kedua situs terpaling banyak dikunjungi di Indonesia, kemudian disusul Google.com sebagai situs global Google dan kemudian di urutan keempat ada produk blog dari Google yaitu Blogspot. di urutan kelima setelah dijajah habis-habisan sama Google baru Yahoo muncul. habis itu setelah Yahoo masuk Youtube yang merupakan situs penyedia video yang diakuisi sama Google pada Oktober 2006 (sumber mata kuliah entrepreneur, tentang akusisi google). yak Yahoo emang kayaknya diapit sama kedigdayaan Google
 
Kesimpulan Milla Hanifah
 
kesimpulannya walau di atas kertas Google jauh lebih baik dari Yahoo, tapi masih ada kelebihan Yahoo yang belom bisa diungguli Google. walau dari segi mesin pencari Google sangat ampuh, tapi dari segi e-mail mungkin Gmail masih belom sepopuler YahooMail karena memang Yahoo duluan yang punya jasa layanan e-mail. kemudian untuk layanan chatting Yahoo jelas lebih unggul dengan produk Yahoo Messenger-nya karena emang banyak dipake orang karena banyak juga orang yang punya akun e-mail Yahoo.  walau sebenarnya dari segi performa e-mail gue lebih merekomendasikan Gmail.
tapi itu semua memang tergantung dari individu masing-masing, setiap orang punya pilihan masing-masing untuk menentukan pilihan terbaiknya untuk menunjang produktvitasnya sehari-hari di dunia maya. dan begitu juga dengan Google dan Yahoo yang tentunya memiliki cara yang berbeda dan strategi marketing yang lain untuk menjaring pasar sesuai dengan keunikan dan kelebihan produknya masing-masing.
“Pilihan Ada di Tangan Anda”Onion Emoticons
 
MSN Onion Emoticon Set
 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 25 Oktober 12 - 02:04 WIB
Dalam Kategori : GOOGLE VS YAHOO
Dibaca sebanyak : 1332 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback